Kalo
ngomongin kurikulum baru emang seru banget. Waktu itu saya pulang sekolah
menggunakan mikro (sejenis angkutan umum), ada dua orang dari sma favorit di
kota saya bilang gini
Tukul (nama samaran) :”Eh
Sentot, lo ngerti nggak kalo kurikulum 2013 itu, kurikulum yang terburuk di dunia.”
Sentot (nama samaran) :”Iya
bro, gue denger-denger juga, yang namanya Ujian Nasional itu di negara-negara maju kagak ada.”
Tukul
(nama samaran) :”kok jadi UN? lo gak
nyambung bro, kita akhiri saja pembicaraan kita.”
END*
Beda lagi
kata guru saya, menurut beliau kurikulum 13 itu, kurikulum K E S I A L A N,
gara-gara si angka “13” itu sendiri, dia cerita kalo diluar negeri itu percaya
banget kalo angka 13 adalah angka kesialan. Makanya kalo digerbong-gerbong kereta,
di terminal luar negeri gak ada yang menggunakan nomer 13, langsung bablas
nomer 14. Freaky! Replies believe or not? A*ntv
Kalo saya
si yakin, kurikulum 2013 adalah penyempurnaan dari KTSP 2006. Kenapa? Soalnya
banyak hal yang bikin kamu gak aktif dan cepet boring dengan KTSP 2006. Kalo
anaknya aktif dia akan bisa, tapi yang tiap hari pake moto: Berangkat à Absen à Tidur à Pulang. Jadi dimotonya gak ada istilah mencari atau
menambah ilmu. Jadi karena itulah keluar kurikulum 2013, yang membuat siswa lebih
berguna.
Nah
selain muridnya yang bakal gak aktif, tapi jenis belajar dari KTSP 2006 juga
bakal bikin kamu sebel dengannya. Lalu apa aja pembelajaran yang menyebalkan,
dan apa pembaharuan dari K13 ini, Cekidot!
- Mencatat
Kalo
di KTSP 2006 kalian pasti menjumpai yang namanya mencatat gara-gara buku LKS
kalian enggak lengkap, guru biasanya memberikan tambahan catatan dari buku
lain. Nyebelinnya nyatetnya sampe berjam-jam, bahkan pernah sampe abis
pelajarannya gara-gara nyatet doank. Padahal lebih baik guru memberikan inti
dari materinya biar muridnya nulisnya gak kebanyakan.
Nah
kalo di Kurikulum 2013 Teknologi bener-bener digunakan, penggunaan Google, dan
Search Engine lainnya akan berguna dalam pembelajaran, so yang namanya nyatet
materi dikit doank, mungkin ada yang gak pernah nyatet materi?
- Siswa = Pembeli
Ininih
kebiasaan yang jelek, biasanya para guru maupun orang tua dirumah, memperlakukan
anaknya serba dilayani, layaknya seorang pembeli, atau RAJA? Sama ajalah.
Dengan keseharian dilayani tadi, tidak melatih mental untuk dapat belajar
mandiri. Siswa tidak diajak bermain-main dengan otaknya, tiba-tiba ada aja
jawabannya. Percuma otak kanannya.
Beda
lagi kalo K13, guru gak akan nerangin materinya, palingan sedikit doank abis
itu siswa disuruh nyari jawabannya sendiri, biar siswanya mau berfikir dan
mencari solusi dari permasalahannya yang diberikan. Mampus
- Hafalan
Gunanya
hafalan apaan si? Sebel banget.. bukan cuma sebel bro, menghafal biasanya
sedikit percuma dilakukan, karena banyak siswa-siswa yang sering lupa setelah
pelajarannya sudah tidak dipelajari lagi. Gampangannya pasal UU 45 aja, pernah
kan disuruh ngapalin Undang-undang, masih inget gak sampe sekarang? Saya yakin
jawabannya 80% LUPA. Miris banget bro sama pelajaran yang namanya Hafalan.
K13
lebih sering melakukan presentasi, jadi gak usah ngapalin, boleh mbaca kok.
Dengan presentasi maju kedepan mental akan teruji, bakat akan terlihat, dan
pastinya lebih mengena daripada pelajaran menghafal.
Nah
itu tadi alasan kenapa ada kurikulum kesialan, intinya biar para siswa mikir
aja. Gak tiap hari cuma dilayani, enak gak bro? kalo enak dan bisa nyaman
ucaplah Alhamdullilah tapi kalo gak ngerti dan tambah stress Mampus lo nikmatin aja ya. Kalo menurut saya si udah
bagus ada kurikulum baru ini, tapi ada bagian serem-seremnnya juga si.
Banyak-banyakin doa aja semoga bisa lancar dan nemplok dengan kurikulum baru
ini. Sekian mohon maaf jika ada salah-salah kata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar