Rabu, 20 Agustus 2014

Kurikulum 2013 VS Kurikulum 2006



Kalo ngomongin kurikulum baru emang seru banget. Waktu itu saya pulang sekolah menggunakan mikro (sejenis angkutan umum), ada dua orang dari sma favorit di kota saya bilang gini

Tukul (nama samaran)         :”Eh Sentot, lo ngerti nggak kalo kurikulum 2013 itu, kurikulum yang       terburuk di dunia.”
Sentot (nama samaran)       :”Iya bro, gue denger-denger juga, yang namanya Ujian Nasional itu di           negara-negara maju kagak ada.”
Tukul (nama samaran)         :”kok jadi UN? lo gak nyambung bro, kita akhiri saja                                                                                  pembicaraan kita.”
END*

Beda lagi kata guru saya, menurut beliau kurikulum 13 itu, kurikulum K E S I A L A N, gara-gara si angka “13” itu sendiri, dia cerita kalo diluar negeri itu percaya banget kalo angka 13 adalah angka kesialan. Makanya kalo digerbong-gerbong kereta, di terminal luar negeri gak ada yang menggunakan nomer 13, langsung bablas nomer 14. Freaky! Replies believe or not? A*ntv


Kalo saya si yakin, kurikulum 2013 adalah penyempurnaan dari KTSP 2006. Kenapa? Soalnya banyak hal yang bikin kamu gak aktif dan cepet boring dengan KTSP 2006. Kalo anaknya aktif dia akan bisa, tapi yang tiap hari pake moto: Berangkat à Absen à Tidur à Pulang. Jadi dimotonya gak ada istilah mencari atau menambah ilmu. Jadi karena itulah keluar kurikulum 2013, yang membuat siswa lebih berguna.

Nah selain muridnya yang bakal gak aktif, tapi jenis belajar dari KTSP 2006 juga bakal bikin kamu sebel dengannya. Lalu apa aja pembelajaran yang menyebalkan, dan apa pembaharuan dari K13 ini, Cekidot!

  1. Mencatat
Kalo di KTSP 2006 kalian pasti menjumpai yang namanya mencatat gara-gara buku LKS kalian enggak lengkap, guru biasanya memberikan tambahan catatan dari buku lain. Nyebelinnya nyatetnya sampe berjam-jam, bahkan pernah sampe abis pelajarannya gara-gara nyatet doank. Padahal lebih baik guru memberikan inti dari materinya biar muridnya nulisnya gak kebanyakan.

Nah kalo di Kurikulum 2013 Teknologi bener-bener digunakan, penggunaan Google, dan Search Engine lainnya akan berguna dalam pembelajaran, so yang namanya nyatet materi dikit doank, mungkin ada yang gak pernah nyatet materi?

  1. Siswa = Pembeli
Ininih kebiasaan yang jelek, biasanya para guru maupun orang tua dirumah, memperlakukan anaknya serba dilayani, layaknya seorang pembeli, atau RAJA? Sama ajalah. Dengan keseharian dilayani tadi, tidak melatih mental untuk dapat belajar mandiri. Siswa tidak diajak bermain-main dengan otaknya, tiba-tiba ada aja jawabannya. Percuma otak kanannya.

Beda lagi kalo K13, guru gak akan nerangin materinya, palingan sedikit doank abis itu siswa disuruh nyari jawabannya sendiri, biar siswanya mau berfikir dan mencari solusi dari permasalahannya yang diberikan. Mampus

  1. Hafalan
Gunanya hafalan apaan si? Sebel banget.. bukan cuma sebel bro, menghafal biasanya sedikit percuma dilakukan, karena banyak siswa-siswa yang sering lupa setelah pelajarannya sudah tidak dipelajari lagi. Gampangannya pasal UU 45 aja, pernah kan disuruh ngapalin Undang-undang, masih inget gak sampe sekarang? Saya yakin jawabannya 80% LUPA. Miris banget bro sama pelajaran yang namanya Hafalan.

K13 lebih sering melakukan presentasi, jadi gak usah ngapalin, boleh mbaca kok. Dengan presentasi maju kedepan mental akan teruji, bakat akan terlihat, dan pastinya lebih mengena daripada pelajaran menghafal.

Nah itu tadi alasan kenapa ada kurikulum kesialan, intinya biar para siswa mikir aja. Gak tiap hari cuma dilayani, enak gak bro? kalo enak dan bisa nyaman ucaplah Alhamdullilah tapi kalo gak ngerti dan tambah stress Mampus lo  nikmatin aja ya. Kalo menurut saya si udah bagus ada kurikulum baru ini, tapi ada bagian serem-seremnnya juga si. Banyak-banyakin doa aja semoga bisa lancar dan nemplok dengan kurikulum baru ini. Sekian mohon maaf jika ada salah-salah kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar